Monday, March 21, 2016

PROFESI

Pekerjaan sama dengan profesi. Kalau seseorang ditanyakan apa profesinya, orang tersebut akan langsung berpikir tentang pekerjaannya. Pikiran seperti ini tidaklah salah, karena profesi memang merupakan pekerjaan yang ditekuni oleh seseorang. Namun demikian, tidak semua pekefjaan kita golongkan sebagai profesi, karena hal yang dikerjakan, yang kita golongkan sebagai profesi, memiliki kekhususan.
1. Pekerjaan sebagai profesi
Tidak semua pekerjaan dapat digolongkan sebagai profesi, hanya pekerjaan tertentu yang dilakukan sebagai kegiatan pokok, untuk menghasilkan nafkah hidup, dan yang mengandalkan suatu keahlian, dapat disebut sebagai profesi.
2. Profesi umum dan profesi khusus
Hal utama yang membedakan suatu profesi khusus dari profesi pada umumnya adalah tekanan utamanya pada pengabdian atau pelayanan masyarakat.
3. Pengabdian pada kepentingan masyarakat
Setiap profesi, khususnya profesi luhur, menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadinya.
4. Menjadi anggota dari suatu organisasi profesi
Setiap orang yang ingin dan memenuhi syarat untuk memulai praktek menjalankan suatu profesi, khususnya profesi luhur akan bergabung dengan kelompok profesi itu, dan menjadi salah seorang anggota darinya.


Referensi :
Gea, Antonius. 2005. Relasi dengan Dunia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Sutarno, Alfonsus. 2008. Etiket, Kiat Serasi Berelasi. Yogyakarta: Kanisius.

1 comment:

  1. Titanium Flat Iron Wire Wire with Gold Plated Gold Plated |
    These titanium coating flat iron wire wire wets are ion titanium on brassy hair ideal ti89 titanium calculator for your home décor. These 2020 ford ecosport titanium steel wire are perfect for any home décor project. welding titanium With Gold Plated Iron Wire

    ReplyDelete