Monday, July 27, 2015

Tema 11 : Game Sebagai Alat Pembelajaran Dan Terapi Alternatif Di Masa Depan

            Games telah menjadi sebuah kegiatan alternatif yang menghibur bagi setiap orang. Banyaknya jenis permainan yang ada sekarang ini seperti pertarungan, tembak-menembak, aksi, petualangan, peran, simulasi, ataupun strategi, dapat dimanfaatkan untuk penyampaian jenis materi yang berbeda, yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran bagi setiap orang.
            Dengan kreatifitas dalam merancang dan mengemas alur permainan, setiap jenis permainan yang ada dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan nilai-nilai edukasi yang berbeda, sehingga game edukasi harusnya tidak semata-mata merupakan transfer konten-konten pendidikan dalam bentuk digital, tetapi harus juga dapat menciptakan perasaan yang sama senangnya ketika seseorang memainkan game-game tersebut. Namun perbedaannya, nilai-nilai yang ditransfer merupakan formulasi konten pendidikan yang ingin disampaikan.
            Alur cerita yang menarik merupakan alasan seseorang betah bermain game. Jika hal tersebut diadopsi ke dalam game edukasi, maka pemain tentunya betah berlama-lama memainkan berbagai tantangan di dalam permainan. Tanpa sadar, pemain telah menyerap berbagai pengetahuan yang ingin disampaikan dalam setiap tantangannya.

No comments:

Post a Comment