Games telah
menjadi sebuah kegiatan alternatif yang menghibur bagi setiap orang. Banyaknya
jenis permainan yang ada sekarang ini seperti pertarungan, tembak-menembak,
aksi, petualangan, peran, simulasi, ataupun strategi, dapat dimanfaatkan untuk
penyampaian jenis materi yang berbeda, yang dapat digunakan sebagai alat
pembelajaran bagi setiap orang.
Dengan
kreatifitas dalam merancang dan mengemas alur permainan, setiap jenis permainan
yang ada dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan nilai-nilai edukasi yang berbeda,
sehingga game edukasi harusnya tidak semata-mata merupakan transfer
konten-konten pendidikan dalam bentuk digital, tetapi harus juga dapat
menciptakan perasaan yang sama senangnya ketika seseorang memainkan game-game tersebut.
Namun perbedaannya, nilai-nilai yang ditransfer merupakan formulasi konten pendidikan
yang ingin disampaikan.
Alur cerita yang
menarik merupakan alasan seseorang betah bermain game. Jika hal tersebut
diadopsi ke dalam game edukasi, maka pemain tentunya betah berlama-lama
memainkan berbagai tantangan di dalam permainan. Tanpa sadar, pemain telah
menyerap berbagai pengetahuan yang ingin disampaikan dalam setiap tantangannya.
No comments:
Post a Comment