Wednesday, July 29, 2015

Tema 12 : Perbedaan Sistem Game Modern Oculus Rift, Leap Motion, Intel Real Sense Technology, Smart Terrain Vuforia


        1.   Oculus Rift
          Oculus Rift adalah output display seperti juga halnya layar komputer yang menampilkan dunia virtual 3 dimensi. Dengan adanya sensor-sensor dan layar LCD zero latency (tanpa lag), pengguna secara natural akan merasakan seperti berada dalam dunia virtual.
            Sensor utama adalah untuk mendeteksi putaran kepala kemana kita menoleh, dan disitu tampilan layar LCD akan menyesuaikan tanpa jeda instan, sehingga kita benar merasa sedang mengamati di dalam dunia virtual tersebut.
            Selain itu ada juga sensor yang mendeteksi posisi kepala (dan tubuh), sehingga ketika tubuh kita bergerak ke kanan, kiri depan atau belakang kita benar-benar merasa sedang berjalan-jalan di dalam dunia virtual tersebut. Pemain game benar-benar merasa hadir dalam game. Dengan desain game stereo (mata kiri dan mata kanan memiliki tampilan sendiri) dan offset yang diukur dengan tepat, maka akan meningkatkan level kehadiran pemain dalam game.

2.   Leap Motion
            Leap Motion terdiri atas sebuah alat controller sebesar kotak korek api ditempatkan di depan atau di samping komputer desktop atau laptop dan berfungsi sebagai pengganti mouse. Perangkat lunak yang diciptakan oleh Leap Motion secara aftif bisa memahami setiap gerakan di depan layar komputer. Alat controller ini dapat merekam gerakan tangan dan jari dengan kecepatan 290 frame per detik, sehingga kemungkinan luput sangat minimal sekali.
            Pemakaian Leap Motion sebagai pengganti mouse maupun pengganti keyboard, mencakup berbagai macam aktivitas, dari karya seni (menggambar di atas layar), kesehatan (mengecek detakan jantung), gaming (memandu pesawat terbang, memicu pistol mainan), menulis tangan, dan lain sebagainya. Cara kerjanya dengan mengangkat tangan, memutarkan jari, melipat jari, supaya memberikan isyarat membesarkan layar dan mengecilkan layar atau memindah ke halaman berikutnya.


3.   Intel RealSense Technology
Teknologi Intel RealSense memiliki kemampuan seperti berikut ini, yaitu :
·         Konsep Kamera 3D.
·         Adanya sensor kamera yang dapat mendeteksi tangan kita untuk mengontrol komputer.
·         Membuat komputer menjadi seperti manusia.
·         Membuat hasil video menjadi tampak nyata seperti aslinya.

4.   Smart Terrain Vuforia
            Smart Terrain Vuforia adalah kemampuan rekonstruksi 3D baru yang membawa pengalaman interaktivitas untuk augmented reality (AR) ke level yang lebih seru. Aplikasi yang didukung oleh Smart Terrain ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang bermain mereka sendiri di mana karakter permainan dapat berinteraksi dengan dunia nyata dengan cara yang belum pernah dialami sebelumnya.

            Karakter dapat melakukan navigasi pada sekitar, berbenturan dengan dan melompati bendabenda di lingkungan pengguna.Teknologi ini merupakan terobosan besar bagi pengalaman AR, membawa interaktivitas dan keaslian kepada pengguna ke tingkat yang baru.

No comments:

Post a Comment