Monday, July 27, 2015

Tema 9 : Sistem Face Detection Untuk Daftar Kehadiran Mahasiswa

            Penerapan absensi wajah memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem absensi digital lainya. Penggunaan mesin absen kartu mempunyai kekurangan "titip absen", sedangkan penggunaan mesin fingerprint absensi kadang ditemukan kendala dalam pembacaan sidik jari dikarenakan tekstur sidik jari yang tidak bisa terbaca akibat faktor kondisi jari, bisa karena mengelupas, kondisi cuaca terlalu panas atau dingin dan tekstur sidik jari yang terlalu tipis.
        Mesin absensi wajah memberikan solusi kendala-kendala mesin absensi digital lainya. Dengan Absensi deteksi wajah, karyawan yang mempunyai kebiasaan buruk menitipkan absen dapat tertangani. Sedangkan masalah sidik jari tidak lagi menjadi kendala, dikarenakan mesin absen tidak lagi mengidentifikasi jari.
        Mesin Absensi Wajah menjadi pilihan terbaik di berbagai perusahaan seperti pabrik, perkantoran atau instansi lainnya. Selain itu kita dapat menghindari resiko menularnya kuman dari mesin sidik jari. Untuk absensi cukup mudah, pemrosesan awal yaitu deteksi wajah yang merupakan proses pertama dalam pengenalan wajah (face recognition). Sistem deteksi wajah digunakan untuk membandingkan satu citra wajah masukan dengan suatu database wajah kemudian menghasilkan data wajah yang sesuai dengan citra tersebut.
        Deteksi wajah menggunakan ciri-ciri biometrik yang terdapat dalam wajah, seperti menentukan posisi alis mata dan mata,menemukan posisi lebar mulut hingga menghasilkan suatu nilai logaritma face ID. Face ID merupakan algoritma identitas wajah seseorang dari hasil analisis deteksi wajah dengan berdasarkan struktur komposisi sehingga dapat berkerja dengan mengidentifikasi wajah seseorang misalnya pegawai, karyawan, siswa atau lainya.

No comments:

Post a Comment